SMK Negeri 1 Rembang

Hubungi Kami : (0295) 691377 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Articles

Digitalisasi Pemilihan Ketua OSIS di SMK N 1 Rembang

Kamis (4/10) SMK N 1 Rembang melaksanakan agenda pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2018 – 2019. Namun ada yang berbeda dalam pemilihan kali ini. Pembedanya adalah teknologi. Bekerja sama dengan empat orang siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan OSIS menyelenggarakan pemungutan suara berbasis komputer atau digital. 

 Pemilihan Ketua OSIS SMK Negeri 1 Rembang

OSIS secara terbuka mampu menyambut inisiatif pengembangan dan implementasi aplikasi pemungutan suara ini. Proses pemungutan suara yang semula menggunakan kertas dengan cara dicoblos digantikan oleh sistem digital yang memungkinkan siswa tinggal “klik” untuk memberikan suara mereka ke calon-calon Ketua OSIS. Penggunaan sistem digital ini memangkas banyak dua hal krusial, pertama mengenai penggunaan kertas suara dan yang  kedua memangkas waktu penghitungan suara, karena setelah pemilih terakhir memilih sistem bisa langsung menghasilkan hasil pemungutan secara keseluruhan dan sah.  

Hasil

Sistem komputerisasi untuk pemungutan suara ini sepenuhnya dikembangkan dan dijalankan oleh empat orang siswa, David Septian (XII TKJ A), Aziz Irfan (XII TKJ A) M. Fafa Alfian (XII TKJ C), dan Nurul Afifah (XII TKJ B). Termasuk pengelolaan jaringan, persiapan server hingga memastikan laptop yang ditempatkan di bilik pemungutan bekerja secara optimal. Dibantu oleh segenap pengurus OSIS pemilihan ketua OSIS berjalan dengan lancar dan langsung menghasilkan Ketua OSIS terpilih. 

 “Tujuan kami mengembangkan sistem ini sebagai portofolio dan pengalaman kami, termasuk juga membantu OSIS dalam memudahkan pemungutan, penghitungan suara dan penghematan kertas,” ujar Fafa. 

Untuk langkah ke depannya semua anggota tim berharap bisa menghadirkan proyek-proyek yang bisa diimplementasikan dan dimanfaatkan oleh banyak pihak. Sambil terus belajar harapannya mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk terlibat dan mengimplementasikan hasil belajar mereka untuk memperkaya diri dengan pengalaman sebelum lulus dan masuk ke dalam dunia kerja.