SMK Negeri 1 Rembang

Hubungi Kami : (0295) 691377 This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sistem Manajemen

Kami telah memiliki Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 & Sistem Manajemen Lingkungan 14001:2004 dari PT TUV Rheinland Indonesia

Prestasi

Berbagai prestasi yang telah Kami raih dari Bidang Akademik maupun Non-Akademik, dari tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional, sampai ke kancah Internasional.

Bursa Kerja

Kami memiliki Tim Bursa Kerja Khusus yang profesional, siap mendampingi dan menyalurkan lulusan ke Dunia Usaha & Dunia Industri yang relevan di bidangnya.

Kerjasama

Kami bekerjasama dengan perusahaan yang bertaraf nasional maupun internasional guna meningkatkan kompetensi keahlian dan keterserapan lulusan di DuDi

Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) SMK Negeri 1 Rembang Tahun 2018/2019

SMK Negeri 1 Rembang adalah sekolah kejuruan negeri yang tertua di kabupaten Rembang. Sejak awal berdiri sampai dengan saat ini minat orang tua peserta didik  untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMK Negeri 1 Rembang yang dulunya bernama STM Negeri Rembang tidak pernah surut.

Harapan kebanyakan orang tua yang menyekolahkan anaknya di SMK Negeri 1 Rembang adalah agar cepat bekerja, walaupun tak sedikit pula yang menginginkan agar anak mereka bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi. Citra SMK Negeri 1 Rembang di mata masyarakat  sangat baik, apalagi jenis paket keahlian yang ada tergolong banyak diminati masyarakat, yakni : (1) Bisnis Konstruksi dan Properti, (2) Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, (3) Teknik Pemesinan, (4) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, (5) Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, serta (6) Teknik Komputer dan Jaringan. Pada tahun ajaran 2015/ 2016 ini jumlah siswa SMK Negeri 1 Rembang mencapai   1.339 orang, dengan perincan sebagai berikut :

 

Pengelolaan Peserta Didik

a.      Perencanaan peserta didik

Besarnya animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMK Negeri 1 Rembang setiap tahun meningkat. Sehingga suatu saat sekolah perlu memikirkan penambahan rombel pada tahun berikutnya, sekaligus memikirkan pembukaan paket keahlian baru yang tentu saja dengan memperhatikan pangsa pasar/ dunia kerja. Dengan penambahan rombel atau pembukaan paket keahlian baru, harus difikirkan pula segala eksesnya baik dari kebutuhan tenaga pendidik maupun kebutuhan sarpras.

Namun demikian walaupun bukan dalam rangka penambahan rombel atau pembukaan paket keahlian baru,  setiap tahun sekolah harus menentukan perkiraan kebutuhan untuk tahun depan, kemudian menentukan target tujuan. Sedangkan untuk meraih target tersebut maka harus  mengidentifikasi segala aktifitas yang harus dilakukan, selanjutnya melalui rapat  disusunlah program berdasarkan usulan dari berbagai pihak sekaligus untuk ditetapkan. Kegiatan berikutnya adalah menyusun kegiatan-kegiatan menurut skala prioritas, menyusun jadwal, serta menetapkan alokasi anggaran yang dimasukkan dalam RKAS.

b.      Penerimaaan peserta didik baru

SMK Negeri 1 Rembang adalah sekolah yang dijadikan prioritas utama oleh para pendaftarBertambahnya sekolah-sekolah baru setingkat SMK baik sekolah swasta maupun sekolah negeri di kabupaten Rembang tidak mengurangi jumlah pendaftar calon peserta didik baru setiap tahunnya. Jumlah pendaftar  jauh melebihi kapasitas daya tampung yang dipersiapkan sekolah. Berdasarkan kapasitas yang dipersiapkan, rata-rata setiap tahun SMK Negeri 1 Rembang hanya menerima sekitar 30-50 % dari jumlah pendaftar. Dengan banyaknya pendaftar menjadikan masalah tersendiri dalam pengelolaan sekolahkhususnya pada proses penerimaan calon peserta didik baru. Untuk mengantisipasi adanya protes-protes terhadap hasil seleksi penerimaan calon peserta didik baru maka tahapan-tahapan seleksi termasuk kriteria kelulusan telah disosialisasikan jauh-jauh hari masyarakat ataupun pihak lain yang terkait agar pelaksanaan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dapat berjalan secara adil, jujur dan transparan. Dengan pelaksanaan PPDB yang adil, jujur dan transparan diharapkan akan diperoleh calon-calon peserta didik baru yang benar-benar berkualitas, mempunyai kemampuan standar sehingga proses penanganannya saat pembelajaran di sekolah akan lebih mudah dibandingkan dengan calon peserta didik baru yang memiliki kompetensi dibawah standar.Agar pelaksanaan PPDB dapat berjalan lancar sesuai harapan maka harus dipersiapkan dengan secermat mungkin.

Kegiatan PPDB diawali dengan pembentukan panitia dan ditetapkan dengan SK Kepala Sekolah, yang selanjutnya panitia segera mengadakan rapat koordinasi untuk menyusun proposal kegiatan PPDB, sekaligus menentukan kuota, kriteria yang dapat diterimaanggaran maupun sarana prasarana pendukung yang tersedia, serta sistem pendaftaran dan seleksi.  Rencana kegiatan, mekanisme, sarana pendukung, sistem seleksi, dan pelaksanaan PPDB dari awal sampai akhir kegiatan harus disusun secara terperinci.Sosialisasi tentang syarat-syarat maupun kriteria penerimaan peserta didik baru dilakukan melalui media cetak maupun media elektronik/ internet.

Proses pendaftaran dilakukan sesuai jadwal, begitu juga seleksi penerimaan. Di SMK Negeri 1 Rembang kegiatan PPDB benar-benar dilaksanakan secara transparan. Saat proses pendaftaran, calon peserta didik memilih paket keahlian sesuai dengan bakat dan minat masing-masing dengan mengisi formulir pendafataran secara online disini dengan syarat dan alur sesuai dengan gambar di bawah ini:

 

 

PPBD Brosur B

 

 

 

 

Dunia Usaha & Dunia Industri Mitra

 
 
Home Berita Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) SMK Negeri 1 Rembang Tahun 2018/2019

Alamat Sekolah

SMK NEGERI 1 REMBANG

JL. GAJAHMADA NO. 1 REMBANG (59201),JAWA TENGAH, INDONESIA

Tel/Fax : (0295) 69377

E-Mail : smk1rembang@yahoo.co.id